Jumat, 15 November 2013

Legenda Cinta Horor di Kuil Thailand


 Kadang, cinta tidak bisa dijelaskan dengan logika. Seperti kisah Nak, istri seorang prajurit yang ditinggal perang. Dari Bangkok.com, Kamis (7/11/2013), menurut legenda setempat, Nak ditinggal suaminya saat sedang hamil. Tragisnya, Nak meninggal saat persalinan. Tak lama, anak laki-lakinya yang baru lahir pun menyusul sang ibu ke dunia abadi.

Karena cintanya yang sedemikian besar kepada sang suami, arwah Nak enggan pergi dari rumahnya. Dengan sabar, arwah Nak bersama arwah anak laki-lakinya menanti suaminya pulang. Penantian Nak pun akhirnya berakhir, sang suami pulang ke pelukan.

Sang suami sangat senang dengan sambutan Nak, terlebih saat melihat anaknya. Selama beberapa waktu, mereka hidup bahagia tanpa suaminya tahu bahwa Nak dan anaknya adalah hantu.

Ternyata kisah tidak berakhir dengan bahagia. Sang suami mengetahui bahwa Nak ternyata hantu dan bertanya kebenaran kisah tersebut pada warga desa. Arwah Nak mengamuk dan menteror seantero desa hingga akhirnya seorang dukun menaklukkan hantu penasaran tersebut.

Tulang dahi Nak dipotong dan dimasukkan ke dalam botol. Sejak saat itu, dibangunlah sebuah kuil di rumah Nak yang dipanggil Mae (ibu) Nak. Kuil yang terletak di Wat Maha But ini masih didatangi para wisatawan karena kisahnya yang masih menyala hingga kini.

Di dalam kuil yang bernama Wat Mae Nak Prakanong (Kuil Ibu Nak di Prakanong, terdapat patung kayu wanita berambut panjang yang merupakan penampakan dari Nak. Di dekatnya, ada beberapa lukisan wajah Nak. Ada pula banyak pakaian yang tergantung di sekeliling nak, yang dijadikan pakaian ganti untuk patung tersebut.
Ada yang unik pula di dalam kuil yaitu televisi yang selalu menyala. Menurut warga lokal, TV ini jadi hiburan bagi Nak agar tidak kesepian. Maka dari itulah, TV ini tidak pernah mati.

Mengetahui legendanya, banyak wisatawan yang datang untuk meminta berkah. Kebanyakan mereka membawa karangan bunga, kosmetik, mainan, popok dan susu bayi untuk seserahan bagi Nak dan anaknya.

Yang unik, kuil ini selalu dipenuhi pengunjung saat Festival Lotere sedang berlangsung. Entah bagaimana, Nak dipercaya sebagai pemberi berkah termasuk dalam permainan judi yang satu itu.

Kuil ini juga terkenal di kalangan militer Thailand. Para prajurit yang akan pergi perang biasanya mendatangi kuil ini dan berdoa untuk keselamatan mereka. Nak pun dijadikan Dewi Pelindung bagi para prajurit ini.

Tapi, ada yang harus diingat. Tidak semua wisatawan bisa bebas ke sini. Khusus untuk turis yang sedang hamil, tidak disarankan untuk mendatangi tempat ini.



Patung ini kerap dijadikan simbol keberuntungan dan perlindungan 
sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar