Senin, 29 April 2013

Batu Malin Kundang yang sangat melagenda

 
Batu Malin Kundang yang sangat melagenda


Anda pasti tahu cerita Malin Kundang, dia adalah seorang yang durhaka dan menjadi batu karena kutukan ibunya. Jika mau melihat batu yang diyakini jelmaan Maling Kundang, datanglah ke Pantai Air Manis di Padang, Sumbar.

Pantai Air Manis merupakan tempat rekreasi alam yang indah dan terletak di Padang, Sumatera Barat. Di sana wisatawan dapat melihat batu yang sangat melagenda yaitu batu Malin Kundang. Tak hanya itu, Anda juga bisa berselancar di pantainya.

Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Tiket masuk ke pantainya hanya sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa dan  Rp 3.000 anak-anak. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, Anda sudah dapat menikmati indahnya panorama keindahan Pantai Air Manis yang begitu menawan.

Layaknya pantai-pantai yang ada di Bali, di sini juga terdapat banyak jasa penyewaan papan selancar. Bagi wisatawan asal Sumbar, tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapat berselancar. Ombak di Pantai Air Manis cukup stabil dan menantang.

Puas berselancar, jangan lupa untuk menikmati hamparan pasir Pantai Air Manis yang lembut. Jangan takut kotor, karena di sini sudah banyak tempat ganti baju, mandi dan WC umum yang harga masuknya sangat murah.

Jika air laut sedang surut, Anda dapat menyeberang ke Pulau Pisang Kecil tanpa harus sewa perahu. Cukup dengan jalan kaki, Anda bisa pergi ke Pulau Pisang Kecil yang letaknya tak Jauh dari bibir Pantai Air Manis.

Selain itu, Pantai Air Manis memiliki batu yang sangat melegenda ceritanya sampai ke mancanegara. Oleh sebab itu, wisatawan mancanegara pun banyak datang ke sini hanya untuk melihat batu tersebut.

Ya, di pantai inilah terdapat batu Malin Kundang. Ceritanya, dia adalah yang dikutuk oleh bundo (ibunya) karena sifatnya yang sangat durhaka. Lalu, ibunya mengutuk Malin Kundang menjadi batu karena durhaka dan kesombongannya. Tak hanya Malin Kundang, kapal miliknya pun ikut membatu. Batunya persis seperti badan orang!

Jangan khawatir jika tidak membawa kamera saat hendak mau memotret, banyak jasa poto cetak langsung jadi di sini. Harganya lumayan murah. Pantai Air Manis memiliki fasilitas yang lengkap. Ada restoran hingga toko suvenir yang dapat Anda kunjungi. Oleh-oleh paling diborong di sini adalah kaus yang menggambarkan batu Malin Kundang dan Pantai Air Manis

sumber: DetikTravel

analisa: Waktu kecil kita sering diceritakan tentang legenda-legenda disetiap daerah di Indonesia, salah satu nya legenda Malin Kundang dari Padang, pesan moral dari cerita Malin Kundang ialah kita tidak boeh melawan atau durhaka terhadap orang tua. jadi saat dewasa saqya penasaran ada atau tidak batu malin kundang itu, ternyata batu Malin Kundang ini terletak  di pinggir pantai Air manis di Padang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar