Senin, 28 Januari 2013

Online Shop dan Endorse Artis


Saya selaku founder dari online shop(Unosproject.co) ingin berbagi cerita tentang dunia online shop. Sekarang ini banyak sekali bermunculan anak muda kreatif yang mencoba peruntungan dari berjualan via social media atau online shop. Saya mulai aktif berjualan online sejak akhir 2011, awalnya saya yang emang suka fashion dan belanja, tapi karena faktor keuangan saya yang hanya mahasiswa dengan uang jajan cuma cukup sehari membuat saya ingin punya penghasilan sendiri, sebenernya saya takut gagal karena gapunya pengalaman jualan. bermodal dari uang hasil dapet arisan Rp.500.000 saya memulai dan hasil nya lumayan banget. saya akan menceritakan pengalaman berjualan saya nanti ya dipostingan lain, sekarang saya akan mmbahas seputar endorse artis. Endorse Artis ini lagi happening bgt dari pertengahan 2012. Awalnya saya ga paham ini ko bisa artis-artis promosiin online shop lain? Apa artis ini minta bayaran? Atau datengin ke lokasi shooting? Ternyata artis-artis ini memang bersedia untuk membantu mempromosikan produk lewat twitter dan instagram. Seperti yang saya baca di wolipop.com yang mewawancarai artis Melanie Subono, musisi yang juga menjadi endorser sejumlah toko online, banyak pebisnis di 'lahan' ini yang sebenarnya belum benar-benar mengerti arti sesungguhnya dari sebuah endorsement.
Mel --begitu ia biasa disapa-- menganggap proses endorse di Indonesia terbilang aneh. Banyak online shop yang menganggap endorse itu berarti sang endorser harus memakai produk mereka sebanyak mungkin dan kemudian 'memamerkannya' di publik. Menurut Mel, itu adalah anggapan yang keliru.
"Pertama, bisa dibilang 80% online store bahkan nggak ngerti apa kata endorse. Yang mereka tahu berbeda banget dengan apa yang ada di kamus. Bahkan mereka tidak kenal siapa yang di-approach, sekadar ikut-ikutan saja," Mel menjelaskan, endorse itu sendiri mengandung arti dukungan atau saran. Sementara kebanyakan online shop di Indonesia meminta endorsernya untuk sekadar foto dan mempostingnya di Twitter. Istilah 'online shop endorse artis' pun menurutnya kurang tepat, karena sebenarnya artis yang endorse online shop. Kalau pengalaman saya di dunia online shop saya sering endorsment artis via instagram, seperti aurel hermasnyah, pemain-pemain ftv, dan model-model catwalk Indonesia, mereka meminta barang yang emang mereka suka dan cocok, lalu saya kirim barangnya kemudian mereka Publish dan dari situ banyak followers dan calon-calon pembeli, banyak permintaan mereka kalau mereka mau baju yang sama dengan artis itu. Tapi banyaknya online shop yang endorsement artis saya mengaihkan nya dengan endorsment yg bukan artis, tapi followersnya banyak dan jadi idola dalam setiap foto-fotonya. Dari semua itu saya lumayan mendapatkan untung, jadi endorse itu emang media promosi tepat bagi orang-orang yang ingin belanja online. Sedikit aja info dan pengalaman saya, terimakasih. J

1 komentar:

  1. Wah, beneran ya? Aku juga kebetulan punya online shop juga di FB dan instagram, tapi belum pernah endorse artis..
    Salam kenal :)

    BalasHapus